Puji syukur kami ucapkan karena kami dapat menyelesaikan penerbitan Jurnal Magenta edisi Vol. 1 | No. 02 | Juli 2017 ini. Meskipun dalam proses penyusunan dan penerbitan jurnal kali ini tidak lepas dari berbagai kendala, namun berkat tekad yang kuat pada akhirnya jurnal ini dapat diterbitkan meskipun pada saat-saat akhir waktu deadline.
       Pada penerbitan kali ini naskah yang masuk lebih beragam dan lebih banyak dibandingkan dengan tebitan edisi sebelumnya. Semoga ini menjadi indikasi bahwa Jurnal Magenta sudah mulai dikenal dalam cakupan yang lebih luas dan memiliki daya tarik tersendiri dari para peneliti atau dosen.
       Bahasan pembuka diawali oleh tulisan Ariefika Listya dalam judul “Visual Branding Kemasan Produk Olahan Belimbing Khas Depok: Studi Kasus Merek Rasa Dewa”. Kemasan Produk Olahan Belimbing Khas Depok Rasa Dewa yang dianalisis sesuai dengan konsep regional branding dimana penggunaan indikator geografis pada identitas merek dapat melibatkan asosiasi kualitas karakteristik yang unik dengan lokasi tertentu atau gambaran berkualitas berdasarkan sejarah, tradisi dan folklore dari suatu daerah.
       “Kajian Infografis Poster Bahaya Narkoba BNN” karya Wulandari, memaparkan perlunya penyaluran informasi yang efektif dengan tampilan yang menarik membuat sebuah penyajian informasi muncul. Infografis menjadi salah satu bentuk penyaluran informasi yang sudah mulai berkembang. Infografis membawa pencerahan dalam menampilkan data – data berupa teks dan angka menjadi tampilan yang menarik bagi pembacanya.
       Angga Kusuma Dawami dalam penelitian mengenai “Logo sebagai Komunikasi Visual dari Identitas Organisasi Difabel” membahas bagaimana logo yang konsisten yang dilakukan oleh organisasi difabel tuli sebagai referensi dalam membentuk posisi tawarnya terhadap mitra kerja organisasi lain. Seperti organisasi Akar Tuli, PLJ, dan Gerkatin. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, tulisan ini memberikan informasi bahwa sebuah logo harus konsisten bentuk visualnya agar menjadi logo yang dapat merepresentasikan entitas difabel Tuli.
       Komik dapat mendorong mahasiswa DKV untuk menyenangi kemampuan berbahasa Inggris dengan baik, dengan indikator penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah unsur-unsur elemen yang umum hadir dalam setiap komik yaitu narasi cerita, ilustrasi gambar, panel, balon kata, moral value dari komik yang dibuat. Bahasan ini dipaparkan dalam “Komik Sebagai Media Pengajaran Bahasa Inggris Desain Bagi Mahasiswa DKV Unindra” oleh Fenti Mariska Yohana.
       Irene Hasian dalam “Analisis Desain Sampul Novel Karangan Ayu Utami Ditinjau Dari Perspektif Desain Komunikasi Visual”, berupaya mendeskripsikan elemen-elemen apa saja yang ada pada cover-cover Ayu Utami, meliputi ilustrasi, warna, tipografi, dan layoutnya, kemudian menganalisanya.
       Pembahasan mengenai Majalah Hai yang mengambil jalur online agar bisa bertahan sebagai media massa di Indonesia setelah 35 tahun berdiri, menyusul media cetak lainnya seperti Sinar Harapan, Tempo, Femina, dan lain-lain. berupaya dipaparkan oleh Nurhablisyah dalam tulisan “Perilaku Konsumen di Era Digital Tinjauan terhadap Pembaca HAI Online”.
       “Promosi Upacara Adat Sekaten dan Grebeg Mulud sebagai Wisata Budaya di Surakarta” yang disusun oleh Yahya Dewanto dan R. A. Heryani Wahyuningrum berupaya membuat Perancangan promosi menggunakan media below the line untuk penyebarluasan informasi Upacara Adat Sekaten dan Grebeg Mulud, dengan positioning promosinya pada terangkatnya kembali sentuhan religius Upacara Adat Sekaten dan Grebeg mulud Surakarta sebagai wisata budaya.
       Dan sebagai penutup Yayah Rukiah menulis mengenai “Citra (Image) Perempuan sebagai Objek Seksualitas dalam Iklan Studi Kasus Iklan Axe”. Sensualitas menjadi signifikan karena sering kali iklan memberikan penggambaran yang bias tentang sosok perempuan, yang hanya mengandalkan tubuhnya. Sebuah iklan biasanya menawarkan sebuah citra, yang di dalam konteks bahasa iklan dapat dijelaskan sebagai gambaran mental dari sesuatu yang sebenarnya tidak ada.
       Dengan diterbitkannya jurnal ini, diharapkan dapat memberikan informasi yang ada kepada masyarakat dan menambah wawasan ilmu pengetahuan di bidang desain komunikasi visual. Saran dan masukan dari pembaca sangat diharapkan guna kesempurnaan penerbitan jurnal di masa mendatang.
       Kepada penulis dan mitra bestari yang telah berkontribusi pada penerbitan jurnal edisi ini, kami menyampaikan terima kasih yang mendalam. Sebagai akhir kata, kami mengundang rekan sejawat peneliti dan praktisi media komunikasi dan teknologi grafika mengirimkan naskah untuk disajikan pada jurnal ini. Selamat membaca.[]

Published: 2017-08-30