Mengenal Komik Strip Online Benny & Mice dari sisi Desain Komunikasi Visual

Main Article Content

Friska Nurliana

Abstract

Komik merupakan salah satu media penerapan ilmu desain grafis. Komik sebagai salah satu bentuk komunikasi visual telah sangat lama hadir dan akrab dengan kita. Banyak orang berpikir bahwa komik adalah sebuah buku cerita untuk anak-anak. Tidak memiliki bobot ilmu dan hanya sekedar hiburan semata. Pada kenyataannya komik sebenarnya dapat dinikmati oleh semua kalangan dan bukan hanya berupa buku. Saat ini bahkan komik dapat dinikmati dalam format digital yang diterbitkan oleh website penerbit komik yang sering dijumpai di internet.


Komik juga mampu menjadi sebuah media penyampaian informasi, karena memang pada hakikatnya komik adalah sebuah cerita untuk menyampaikan pesan dari pengarang kepada pembacanya. Sekarang telah banyak komik yang dibuat sebagai media promosi, media kampanye bahkan komik juga dijadikan media kritik sosial di masyarakat karena pengaruk komik yang dapat mengubah pandangan seseorang. Kemampuan komik dan karikatur urtuk mempengaruhi massa ternyata tidak hanya sebatas pada tingkat intelektualitas pembaca dalam mencermati kondisi sosial yang terjadi di sekitarnya. Namun lebih jauh lagi mampu pula mempengaruhi budaya suatu masyarakat. Kebudayaan dan latar belakang sosial suatu daerah yang tidak mendapatkan perhatian dari masyarakatnya sendiri merupakan suatu pemicu timbulnya kritik sosial.


Di Indonesia sendiri, komik dan karikatur tenyata sudah banyak diciptakan untuk menyampaikan kritik secara halus kepada pihak-pihak yang berkuasa. Namun demikian, tingkat pendidikan dan intelektualitas masyarakat masih merupakan kendala dalam mengrnterpretasikan suatu karya comic strip maupun karikatur. Banyak pihak yang dikritik merasa tersinggung dan marah dengan suatu bentuk kritik melalui komik dan karikatur.

Article Details

Section
Articles