Perancangan Visual Iklan Layanan Masyarakat Mengenai Cyberbullying Melalui Media Sosial
Main Article Content
Abstract
Abstrak. Cyberbullying, atau perundungan daring, telah menjadi isu yang semakin mendesak dalam era digital saat ini. Kampanye sosial dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kesadaran tentang Cyberbullying dan mencegah dampak negatifnya terhadap individu dan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan strategi kampanye sosial yang efektif dalam melawan Cyberbullying. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan melakukan tinjauan literatur tentang Cyberbullying dan kampanye sosial yang terkait. Hasil tinjauan literatur dengan penerapan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dalam merancang kampanye sosial yang efektif. Penulis membuat Animasi 2 Dimensi dengan format motion grafik yang bertujuan untuk mengedukasi mengenai Cyberbullying melalui media sosial dan untuk mengidentifikasi elemen-elemen yang efektif dalam merancang pesan visual yang kuat. Melalui kampanye ini, upaya dilakukan untuk mengajak masyarakat secara luas untuk bersatu dan mengambil tindakan positif dalam melawan Cyberbullying.
Kata Kunci: Cyberbullying, Animasi 2 Dimensi, Flat Design, Kampanye